Minggu, 06 Maret 2016

PELANTIKAN PRAMUKA SMP Labschool Jakarta

PELANTIKAN PRAMUKA              
ANDRA 7C/19


Pagi-pagi pukul 06.30 kita ada APEL pembukaan dari sekolah selama 30 menit . Setelah itu kita berangkat ke tempat pelantikan pramuka yang bernama studio alam tvri , Depok . lama perjalanan dari sekolah memakan waktu sekita 1 jam 30 menit . Setelah sampai di studio alam pukul  09.00 , kita turun dari tronton dan ada perkenalan dari pembina tentang tempat ini . 

Setelah pengenalan kita menaruh barang-barang kita di sebuah tempat dan memakai atribut . Selain itu juga harus membawa tali pramuka , pluit , buku SKU , alat tulis , dan tongkat . Lalu kita berbaris untuk menemui 3 pos di tempat tersebut , masing masing per regu jalan satu per satu . Pada regu saya sampai di pos pertama . 

kita menghafalkan dasadarma setiap 1 regu kita harus mengucapkan dasadarma . sesudah regu saya melewati pos pertama , kita berjalan menuju pos 2 yang letaknya tidak jauh dari pos 1 . Di pos 2 kita diajarkan semaphore dan jika 1 dari anggota kelompok dapat menjawab arti dari sandi semaphore tersebu , kelompok itulah yang dapat menuju pos selanjutnya . Dan kelompok sayalah yang dapat maju pertama menuju pos 3 , arti dari sandi semaphorenya yaitu “ Lanjukanlah “ . Dan yang terakhir di pos 3 , ini adalah pos yang paling susah di antara 3 pos , yaitu tali temali seperti kasur yang terbuat dari tongkat . 

Kegunaan benda ini yaitu jika ada anggota regu yang sakit dapat dibawa menggunakan benda ini . cara membuatnya harus dengan kerjasama regu yang kompak . membuatnya yaitu gengan mengikat tali satu per dan disesuaikan dengan badan korban . untuk membuatnya bagi regu saya memakan waktu sekita1 jam . 

Setelah lama membuat , kita mengantri untuk melewati rrintangan yang diberi dengan kakak pembina . ceritanya korban sakit dan harus melewati tempat yang sempit . setelah melewati rintangan tersebut , regu saya dan regu yang lain membeli minum . Umtuk melewati 3 pos tersebut waktunya sekitar 3 jam . setelah 3 jam berlalu reku say dan regu yang lain beristirahat , di sana ada yang menjual es krim , minuman – minuman segar , bakso ikan , tahu goreng , dan ada yang menjual burger . 

Kami beristirahat dan ada yang shalat sambal menunggu Pelatihan Baris-Berbaris atau yang disebut dengan PBB . regu saya lama menunggu pelatihan tersebut karena masih banyak regu yang masih dalam Pelatihan Baris Berbaris . Waktunya sekitar 30 menit , tetapi itu sudah lumayan karena regu saya dan yeng lain dapat menunggu dengan waktu yang lama . setelah regu saya Pelatihan Baris Berbaris , kita diajarkan jalan di tempat , hormat kepada pembina dan kepada bendera merah putih menggunakan tongkat , istirahat di tempat , dan jalan di tempat . waktunya sekitar 20 menit . 

Lalu saya beristirahat sambal menunggu yang shalat untuk makan bersama di masing masing tikar yang dibawa oleh satu regu . setelah semuanya selesai shalat , kami akhirnya bisa ,makan bersama . Lalu setelah semuanya selesai makan siang , kita berkemas untuk pulang dan upacara . pada saat upacara , kita dibagikan nomor gudep . Dan pada pukul 15.00 kita naik ke tronton lalu pulang ke sekolah dan pulang ke rumah masing-masing .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar